Cara Mudah Mengelola Emosi di Tempat Kerja

Pekerjaan yang dikejar deadline dan tubuh yang capek saat bekerja di kantor, tentunya menguras habis tenaga kita. Tak bisa disangkal, dalam keadaan seperti ini kita akan sangat sensitif dan mudah merasa marah. Emosi yang adapun tak terbendung dikala rekan kerja tidak sengaja membuat perasaan kita semakin tidak nyaman. Terkadang, hal ini dapat menyebabkan hubungan kita dengan mereka menjadi sedikit kikuk dan membuat kita semakin stress. Dengan begitu, pekerjaan kita tidak akan bisa selesai tepat waktu dan bos bisa marah besar. Oh No !!

Bagaimana caranya agar kita bisa mengelola emosi dengan baik? simak beberapa tips mudah berikut!

1.Atur Pernapasan
 Cara yang satu ini memang terdengar sangat sederhana, tapi sangat baik dilakukan ketika kita mulai merasa marah atau kesal. Caranya sangat mudah, cukup menarik napas yang panjang kemudian hembuskan secara perlahan. Lakukan dua sampai tiga kali hingga benar - benar merasa tenang.

2.Lakukan Hal yang Disukai
Tak ada salahnya jika kita berusaha merendam emosi kita dengan melakukan hal yang kita sukai, yang tentunya selama tidak menyalahi aturan di kantor, ya. Misalnya dengan membaca buku, artikel atau komik dengan tema humor. Hal ini akan membuat kita tertawa dan melupakan kekesalan kita.

3.Mendengarkan Musik
Musik memang terbukti dapat membantu mengontrol emosi yang sedang kita alami. Musik dapat menjadi media relaksasi yang sangat menyenangkan. Dengan mendengarkan musik,perasaan kita akan menjadi lebih tenang dan kita bisa kembali bersemangat menyelesaikan tugas kantor. tentunya hasilnya pasti akan lebih maksimal.

4. Jaga Jarak
Bukan berarti kita menjauhi orang yang membuat kita kesal, tapi dalam hal ini kita membutuhkan waktu untuk menyendiri  agar tidak terpancing emosi dan melakukan tindakan yang merugikan, ada baiknya kita berusaha untuk menjaga jarak dengan mereka untuk menenangkan diri selama beberapa menit. Kita bisa ke toilet untuk merapikan make up, jalan - jalan ke taman kantor atau ke ruangan divisi lain untuk mencari suasana yang berbeda. Setelah merasa lebih tenang, kita bisa kembali ke ruangan dan bersikap seperti biasa.

5.Utarakan Perasaan Kita kepada Mereka
Jika semua telah dilakukan tapi tetap saja tidak ada perubahan, maka kita sepatutnya mencoba untuk berterus terang. katakan dengan hati - hati bahwa kita sedang dalam suasana hati yang tidak terlalu baik, sedang sibuk, atau sedang tidak ingin diganggu. Dengan begitu, mereka juga akan berusaha untuk mengerti dan tidak menganggu kita.

Cukup mudah, kan? dengan melakukan beberapa tips sederhana di atas semoga kita bisa mengelola emosi kita yang dapat menyerang kapan saja. Jangan biarkan emosi kita membawa dampak buruk bagi pekerjaan dan lingkungan sosial kita.

Semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan Populer